Listrik Masuk Desa, Sangat Bermanfaat Bagi Masyarakat


Lahang Hulu, (14/12/2019). Masuknya PLN di Desa Lahang Hulu merupakan sebuah keinginan masarakat yang telah lama di nantikan selama beberapa tahun terakhir. Kini masyarakat Desa Lahang Hulu bisa merasakan penggunaan listrik sejak awal Desember Tahun 2019. Selama ini, masyarakat hanya menggunakan penerangan tenaga Diesel yang berskala kecil dengan biaya cukup besar.

Dengan adanya PLN masuk desa, masyarakat telah merasakan manfaat dan kemudahan yang signifikan. Berdasarkan hasil wawancara yang dilakukan kepada salah satu warga Desa Lahang Hulu memberikan respon positif dengan adanya PLN tersebut. Karena biaya yang dikeluarkan jauh lebih hemat dari sebelumnya yang mencapai 200.000 rupiah perbulannya.

Muslimin (54) “Saya bersyukur dengan adanya PLN yang telah masuk ke Desa Lahang Hulu ini, karena biaya yang saya keluarkan biasanya mencapai 200.000 perbulan, sekarang saya cukup mengeluarkan uang 40.000 saja sudah cukup untuk bayar listrik satu bulan” jelasnya.
Salah satu Kepala Dusun, Suharto, (39) yang kami temui di kantor Desa Lahang Hulu menjelaskan terkait dengan aliran listrik yang tersebar di masyarakat saat ini sudah dirasakan oleh seluruh masyarakat. Hal ini tentunya sangat membantu dalam proses penerangan serta penggunaan arus listrik terutama bagi ibu rumah tangga.

Suharto (39) “Menurut saya dengan adanya PLN ini tentunya sangat membantu masyarakat dalam proses penerangan dan penggunaan arus listrik terutama bagi ibu rumah tangga” ujarnya.

“Adapun penyebaran arus listrik ini sudah merata untuk seluruh warga masyarakat. Mengenai kendala pasti ada, mungkin ada sekitar tujuh persen dari seluruh penduduk yang belum mendapatkan arus listrik, hal ini di karenakan adanya keterlambatan pengiriman dari induk PLN itu sendiri” tambahnya.

Bagi masyarakat, listrik menjadi kebutuhan primer di era milenial ini. Hal inilah yang dirasakan oleh masyakat Desa Lahang Hulu selama beberapa hari ini. Sebelumnya masyarakat menjadikan kebutuhan listrik sebagai kebutuhan sekunder yang hanya dapat dinikmati pada malam hari saja.
Dengan adanya PLN masuk desa ini tentunya di harapkan mampu mendorong peningkatan kesejahteraan bagi masyarakat, terutama dalam pengembangan ekonomi mikro bagi penduduk Desa. (ayi)

Potensi Desa

Potensi desa adalah segenap sumber daya alam dan sumber daya manusia yang dimiliki desa sebagai modal dasar yang perlu dikelola dan dikembangkan bagi kelangsungan dan perkembangan desa.

Profil Desa

Desa Lahang Hulu berada di kecamatan Gaung, Kabupaten Indragiri Hilir, Riau, Indonesia. Desa Lahang Hulu merupakan desa yang berdiri pada tahun .....

Transparansi Desa

Infografis Pemasukan dan Pengeluaran Keuangan Desa.

Copyright © 2023 Desa Lahang Hulu