Sejarah


Desa Lahang Hulu awal mulanya di mulai dari beberapa orang penguasa pada waktu itu. Yaitu yang bernama HABIBI MUHAMAD dari kerajaan INDRAGIRI dan yang bernama KAROMO yang datang dari PULAU JAWA.
Dari dahulu orang inilah mendapat isin untuk membuka lahan pertanian dari permukiman oleh salah seorang yag bernama H. ELYAS yang datang dari KALIMANTAN SELATAN dengan 3 (tiga) orang saudara sepupu untuk menuju ke gaung anak serka tepat nya di lahang H. IDRIS yang menuju parit 09 (sembilan) TEMBILAHAN dna H. ABDULRRAHMAN yang menuju TANJUNG MELAYU.
Pada tahun 1863 H.ELYAS pertama kali sampai kedaerah tujuan untuk membuka lahan pertanian, sebelum di beri nama LAHANG HULU. Nama asal nya adalah TASIK HULU PIYAI setelah berjalan beberapa tahun adapun tanaman pokok yang di tanam adalah padi, adalah beberapa priode musim tanam hasil semain meningkat maka untuk memasarkan asil pertanian terjadi hubungan dagang pada waktu itu dengan pedagang dari tiongkok, menurut sumber yang di petik dari cerita orang orang tua yang masih hidup lahan pertanian yang pernah di buka sampai ke daerah simpang ketaman kiri, yang di beri nama saka lahang. Sampai sekarang nama tersebut masih di kenal masyarakat.
Adapun asal-usul terjadinya nama lahang hulu hasil dialok antar suku keturunan tiongkok dengan melayu di nana dari kata lain menjadi lahang, ahir nya menjadi nama Lahang Hulu, adapun lokasi yang pertama kali di buka adalah parit mesjid. Dalam membangun desa Lahang Hulu H. ELYAS di bantu oleh H.ABUS dan H.DAUD yang menyusun datang dari kalimantan selatan, setelah beberapa tahun kemudia pada tahun 1922 H.ELYAS berangkat ke tanah suci mekah dan ahirnya ke pemimpinan kampung lahang hulu di pegang oleh anak kandung nya yaitu putra ke dua yang bernama H.DAHLAN. dalam lahang hulu, selanjut nya masa masa penjajahan belanda berahir dan di lanjut kan lagi oleh pendudukan jepang, dalam sejarah perjuangan kemerdekaan pada waktu H. DAHLAN mengang kat salah seorang anak kandung yang bernama MOHD. SALEH sebagai penghulu militer dalam mendampingi tentara indonesia yang di komandoi oleh MONIR dan di bantu oleh beberapa orang anggota yang bertugas sebagai pembekalan yaitu SABRAN dan anggota perlawanan terdiri dari UBAITULLAH, BASUNI,DARMAS JAPAR, AMAN, ANANG, YAHYA, H. HASAN. Adapun hasil pertahanan terletak di parit mesjid penghulu lahang lulu sampai dengan tahun ke merdekaan tahun 1945.
Pada tahun 1955, H.DAHLAN wafat dan kepemimpinan lahang hulu di ganti dengan anak kandungnya MOHD. SALEH,HD dan selanjutny penghulu lahang hulu di ganti dengan kenegrian lahang hulu pada tahun 1970, di bawah kepemimpinan MOHD.SALEH dalam mengenbangkan lahan-lahan pertaian dari karet , padi di buka lagi lahan untuk perkebunan kelapa ,maka di masukkan suku-suu bugis, jawa dan melayu akhirnya kenegrian lahang hulu mengalami suatu kemajuan karena lahan -lahan sudah banyak di buka dan periode tahun 1977 di adakanlah pemilihan kepala desa sampai searang .
Periode 1977-1982 dipimpin oleh DARMAS JA,FAR
Periode 1982-1990 dipimpin oleh AHMAD SUKARDI
Periode1990-1999 dipimpin oleh AHMAD SUKARDI
Periode 1999-2007 dipimpin oleh M.TAHER, SE
Periode 2007-2015 dipimpin oleh oleh M.TAHER, SE
Periode 2006-sekatrang dipimpin oleh oleh RIDWAN

Potensi Desa

Potensi desa adalah segenap sumber daya alam dan sumber daya manusia yang dimiliki desa sebagai modal dasar yang perlu dikelola dan dikembangkan bagi kelangsungan dan perkembangan desa.

Pelayanan Administrasi

Perangkat Desa Lahang Hulu siap melayani administrasi kependudukan dengan prinsip memudahkan dan cepat.

Transparansi Desa

Infografis Pemasukan dan Pengeluaran Keuangan Desa.

Mobile Friendly

Make your slide looks great on all screens, tablets and phones

Copyright © 2019 Desa Lahang Hulu